Rabu, 04 November 2009

·


Negatif dan positifnya
software bajakan


mula-mula kita mengulas sisi negatif dari pembajakan software.

1.merugikan produsen software

Ini jelas sisi negatif utama dari tindak pembajakan software . pemakai software yang seharusnya menggunakan versi yang asli,jelas merugikan produsen ketika justru membeli yang bajakan.tapi coba tengok microsoft ,yang pendirinya sempat menjadi orang terkaya di dunia kendati sekian puluh persen produknya rajin dibajak orang.bahkan,banyak yang berpendapat kalau

microsoft semakin tenar justru berkat produk bajakan.waduuh?

2.Merugikan negara

Ini memang ada benarnya predikat indonesia sebagrrai salah satu negara pembajak terbesar memeng membuat banyak investor luar negri enggan berinvestasi di indonesia.dampaknya,pertumbuhan ekonomi indonesia menjadi lambat .tapi ingatlah bahwa penyebab takutnya investor masuk ke indonesia bukan semata karena alasan tersebut ,tapi masih ada faktor lain nya .

3.penguna software tidak dapat dukungan teknis dari software

Jadi bisa di ambil kesimpulan bahwa untuk medapatkan dukungan terhadap software yang dipakai ,seorang pengguna harus membayar mahal .hanya untuk sebuah dukungan! Padahal dukungan tidak selalu di perlukan ,hanya saat terjadi masalah .
Sebenaarnya masih banyak sisi negatif dari aksi pembajakan yang bisa di bahas ,tapi tiga alasan diatas bisa mewakili yang lainnya .sekarang kita bahas sisi positifnya

Dari sisi positif ada 3 contoh

1.mempopulerkan produsen yang produknya di bajak

Meskipun sering di bantah oleh pihak produsen software ,toh tak bisa di pungkiri bahwa hal ini benar adanya .sekali lagi ,silahkan tengok microsoft .bayangkan bila komputer ber-windows bajakan dilenyapkan .dan orang yang memakai nya dihilangkan ingatannya tentang windows .maka komputer yang berwidows hanya tersisa sedikit sekali dan sedikit pula orang yang mengingat windows .alhasil ,ketenarannya juga hilang.!

2.memajukan pendidikan TI dalam negri

Coba sekarang kembali ke jaman kita belum bisa mengoprasikan komputer. katakanlah ,tidak ada software yang bisa di bajak kemudian kita berencana untuk membeli ,misalnya ,photoshop seharga 7 juta ,sementara kita masih buta dengan photoshop . relakan anda untuk membelinya ? normalnya sih tidak ,kecuali kalau memang ada dana dan niat kuat .akhirnya ,niat kita jadi hilang untuk membelinya dan mempelajari software apapun. Selain itu ,instnsi pendidikan juga akan kesulitan membeli software yang dibutuhkan karena terbentur masalah dana .belum untuk membeli komputernya .

3. memperluas lapangan pekerjaan

Sekarang andaikan kita menginstal software adobe flash versi bajakan dengan harga 20 ribu rupiah,kemudian mempelajari aplikasi tersebut luar dalam ,termasuk action scriptnya hingga akhirnya kita betul-betul menguasai nya dan akhirnya berhasil di terima bekerja sebagai programmer game flash .setelah itu ,ternyata kita berhasil menciptakan sebuah game yang kemudian di ekspor ke luar negri .semua itu berasal dari sebuah software bajakan!

0 komentar:

About Me